Mau Lebih Sukses Berkarir? Jaga Kesehatan Mentalmu Dengan 10 Cara Ini

sukses karir dengan sehat mental

Dalam dunia yang terus bergerak dengan cepat, menjaga kesehatan mental di tempat kerja menjadi lebih penting dari sebelumnya. Stres, tekanan, dan tuntutan yang tinggi dapat mengganggu keseimbangan emosional kita.

Namun, ada langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ambil untuk merawat kesehatan mental khususnya di tempat kerja. Berikut adalah 10 strategi yang bisa Anda terapkan:

atur batas waktu bekerja

#1 Atur batas waktu

Tetapkan batas waktu yang jelas antara pekerjaan dan waktu pribadi Anda. Pisahkan waktu kerja dan waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang Anda nikmati.

Menurut American Psychological Association, melebihi jam kerja yang wajar dapat meningkatkan risiko gangguan tidur, kelelahan, dan tekanan mental.

berbicara dengan orang lain

#2 Berbicara dengan orang lain

Jangan ragu untuk berbicara dengan rekan kerja atau atasan jika Anda merasa tertekan atau cemas.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal “Occupational Medicine”, dukungan sosial di tempat kerja terkait dengan penurunan risiko gangguan kecemasan dan depresi.

olahraga rutin & teratur

#3 Berolahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga untuk kesehatan mental.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Mental Health and Physical Activity” menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

istirahat teratur

#4 Istirahat secara teratur

Jangan abaikan istirahat Anda. Menurut survei yang dilakukan oleh Project: Time Off, sekitar 52% pekerja Amerika tidak menggunakan cuti tahunan mereka secara penuh, yang dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan kesehatan mental.

target yang realistis

#5 Miliki tujuan yang realistis

Memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan stres yang tidak perlu.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Personality and Individual Differences” menemukan bahwa perbedaan besar antara tujuan yang diinginkan dan kenyataan dapat meningkatkan risiko kecemasan.

praktek relaksasi

#6 Praktikkan teknik relaksasi

Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Psychology” menunjukkan bahwa meditasi secara signifikan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

dukungan pada rekan kerja

#7 Berikan dukungan pada rekan kerja

Tunjukkan empati dan dukungan kepada rekan kerja Anda. Menawarkan bantuan atau sekadar mendengarkan dapat membuat perbedaan besar bagi seseorang yang sedang mengalami kesulitan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Applied Psychology”, dukungan sosial di tempat kerja dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan produktivitas.

kelola waktu dengan bijak

#8 Kelola waktu dengan bijak

Manajemen waktu yang efektif dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Occupational and Environmental Medicine” menemukan bahwa manajemen waktu yang baik terkait dengan penurunan tingkat stres di tempat kerja.

pola tidur yang baik

#9 Jaga pola tidur yang baik

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kemampuan kognitif Anda.

Menurut National Sleep Foundation, kurang tidur terkait dengan peningkatan risiko gangguan mood dan kecemasan.

bantuan profesional

#10 Jangan ragu untuk minta bantuan profesional

Jika Anda merasa stres atau cemas terus-menerus, jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang profesional. Psikolog atau konselor dapat membantu Anda mengelola masalah kesehatan mental dengan cara yang efektif.

Menurut National Institute of Mental Health, intervensi terapi dapat efektif dalam mengelola gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

Penutup

Menjaga kesehatan mental di tempat kerja bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan menerapkan strategi-strategi sederhana ini, Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan mendukung bagi diri sendiri dan rekan kerja Anda.

Ingatlah bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan Anda pantas untuk merawatnya dengan baik. Dengan lebih sehat secara mental, Anda bisa meningkatkan peluang sukses dalam karir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *